1st step : Menetukan topik blog II

Dibagian lanjutan dari menentukan topik I, saya akan menjelaskan dan mencoba membedah 3 blog dengan topik tertentu yang nantinya bisa jadi ide buat anda membuat blog bertopik dan potensial untuk digunakan untuk meraup uang dari blog.


Apabila di bagian pertama menentukan topik blog saya mengambil acuan dari postingan 10 topik untuk bikin blog lumbung duit, maka kali ini saya mencoba keluar dari itu. Topik yang akan saya utaran sudah banyak digunakan oleh beberapa pemain adsense baik untuk web, maupun untuk blog. Namun, sepertinya kita bisa mengambil ide dan mengejawantahkan dalam sebuah blog komersil ini.

Topik itu antara lain : Wisata/tourism baik lokal maupun nasional, Food reviews/kuliner, photografi dan campus reviews. Topik ini memang di arahkan untuk kalangan yang membutuhkan informasi terpercaya yang akan digunakan sebagai acuan/panduan.

Tourism

Wisata/tourism sudah banyak dijadikan sasaran topik sebuah web, sebut saja misalkan yogyes dari jogja yang sudah meraih sukses untuk membuat web tourism lokal yang mendunia.
Sedangkan yang akan saya coba monetize, dan akan saya maksimalkan dibidang content dan kemanfaatannya bagi pengunjung adalah blog wisata yang sudah punya nama di lampung. Blog tersebut sudah memiliki PR 4, dan termasuk no 1 untuk keyword "wisata lampung" di google.

Blog tersebut adalah "tourism catalog of Lampung". Blog yang sudah bisa melibas visit lampung milik pemda Lampung, dan menjadi bagian informasi wisata dari komunitas blogger lampung. Kenapa saya coba monetize, karena saya ingin menguji seberapa besar dia apabila "dijual" sehingga mungkin akan membuat blog tersebut mandiri dan bisa lebih berkembang tanpa "melacurkan diri" dengan sponsor reviews.

Food Reviews

Topik yang sangat asyik apabila diolah, dicari banyak para pelancong yang bersiap melanglang buana, dan sangat bermanfaat bagi para pengunjung maupun pengelola. Untuk topik ini saya buatkan sebuah blog baru bernama "fudgud" sebagai blog yang akan mereviews berbagai makanan unggulan dari tempat-tempat kuliner baik lokal maupun nasional dengan tetap menjunjung tinggi food yang good atau makanan enak yang baik.


Photografi

Kadang orang - orang yang tak bisa berkelana juga ingin mengetahui suasana luar, dan tentu saja gambaran visual sangat bermanfaat untuk itu. Hobi difoto dan kesukaan mengabadikan gambar akan menjadi modal besar untuk mengelola blog foto, selain akan berbagi gambar, mencoba memperlihatkan skill kita dan tentunya memancing pengunjung untuk berlama-lama di bog kita.

Untuk itu, saya sudah menyiapkan sebuah blog lama saya yang kurang terurus. blog "fotolampung" sebuah blog yang menyajikan views of lampung dari berbagai sudut pandang. Tidak hanya keindahan, fakta dan kondisi nyata masyarakat dan daerah Lampung yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Campus Reviews

Sebenernya ini topik udah telat, namun sepertinya saya harus ikut kata pepatah. "Tak ada kata terlambat" kalo emang bisa maksimal kenapa tidak?. "Campus reviews" bukan sekedar blog tentang profil kampus, kita bisa menyulapnya menjadi ajang komunikasi blogger dari ranah mahasiswa sebagai member. Sub topik dari blog ini tak akan ada habisnya, tips kuliah, tips mencari uang selama kuliah, tips mendapat beasiswa dan lain - lain.

ok sepertinya tahapan menentukan topik sudah selesai, 10 blog telah siap di monetize, dan kita akan masuk tahapan yang saya sebut membuat blog tidak sekedar blog. Saatnya pimp my blog! to be continued di jam kerja saya selanjutnya.

0 komentar: