ngeblog cerdas : lebih mengenal visitor dg 5 cara

Berangkat dari sebuah pertanyaan yang dilemparkan oleh Abhijeet Mukherjee dalam tipsnya di blog dailyblogtips, beliau mempertanyakan “ Do you know your visitors?”.

yah pertanyaan sederhana sekaligus menggelitik saya sebagai blogger yang berniat menjadi pro blogger. ini sangat penting, karena ketika kita membuat sebuah blog dan menulis sebuah artikel, maka kita harus tahu dulu siapakah pembaca yang akan kita tuju?apakah pemula atau tingkat lanjut?

selain itu, kita pun harus benar-benar tahu apa sebenarnya yang mereka ingin lihat dan baca di blog kita, sehingga tulisan akan tepat sasaran dan terarah.

baik akan saya sebutkan beberapa point yang dikemukana oleh Abhijeet Mukherjee:

1. Menganalisis komentar

Ananlisislah komentar yang berbeda antar artikel, dan jangan lupa pelajari juga komentar yang ada pada artikel paling populer anda, coba analisis dan pahami apakah sebenernya yang membuat artikel itu banyak dikunjungi dan dikomentari. hal ini akan menjadi ide yang bagus untuk mengetahui pengunjung reguler anda.

2. Menganalisis posting terpopuler

ambillah waktu sejenak untuk melihat dan mempelajari postingan yang membuat trafic anda tinggi. ambillah setidaknya 5 artikel untuk dipelajari yang mana yang ditulis secara sederhana dan yang mana yang diperuntukan untuk pengunjung mahir.

3. Check Stats Thoroughly

statistik sangat berguna buat anda yang ingin mengetahui kelakuan pengunjung, maka sangat dianjurkan sekali menganalisis hasil statistik ini, apabila anda pengguna google analitic maka anda akan tahu dari mana pengunjung itu datang?apa yang mereka cari, apa yang mereka baca dan setelah itu apa yang terakhir di klik oleh sipengunjung. hal ini sangat membantu anda untukmemperbaiki kualitas tulisan anda.

4. Menganalisis pembaca lewat email

penting nggak penting, sepertinya hal satu ini sangat bermanfaat untuk blog kita. yang mana kita bisa pelajari subcriber kita melalui email seminggu terakhir. dan kita akan tahu kecenderungan pengunjung kita dalam membaca postingan kita di blog.

5. dan Menganalisis jumlah feed count

naik turunnya feed count tergantung dari berapa banyak orang yang mengkonsumsi feed anda saat itu, anda bisa bisa mengevaluasi naik turunnya feed count ini apa yang menjadi perhatian si pembaca?

yah itulah beberapa hal yang di anjurkan untuk mengetahui lebih jauh pengunjung kita, sehingga kita bisa memiliki pengunjung langganan, dan bisa memberikan apa yang mereka cari di blog kita, dan yang pasti kita bisa lebih mengetahui gambaran orang yang telah mengunjungi blog kita.

0 komentar: