Blogging tips for begining (1)

Berangkat dari pertanyaan-pertanyaan via surat elektronik yang masuk ke inbox saya, khususnya yang menanyakan langkah-langkah memulai ngeblog, terbetik ide untuk menuliskannya secara sistematis dan mempublikasikannya secara terbuka di The Gadget.

Selama beberapa pekan ke depan, The Gadget akan menampilkan tips, trik, panduan, cara, kiat, taktik atau apapun istilahnya , buat pre-blogger maupun new blogger (blogging tips & tricks for the beginner.)

Tips ini saya susun berdasarkan pengalaman dan pengamatan sambil di sana-sini merujuk pada posting-posting serupa yang sudah tayang di blogosfer (Bahan utama yang dijadikan rujukan: ProBlogger, Lorelle dan About.com).

Yang namanya pengalaman dan pengamatan individual bisa berbeda dengan yang lain. Karenanya, komentar dan masukan dari pembaca tentu akan sangat berharga dalam menyempurnakan panduan ngeblog buat pemula ini.

Sistematika yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

  • Introduksi Posting
  • Introduksi Desain Blog
  • Tips Penulisan Content
  • Tips Cari Uang Lewat Blog
  • Tips Lain yang Bermanfaat

Introduksi Posting

* Apa Itu Blog?

Secara umum, blog atau weblog adalah jurnal pribadi di ranah Internet, berbentuk self-publishing, yang ditulis dan ditayangkan berdasarkan kronologi waktu.

Dari segi isinya, posting bisa berupa (1) diari online yang berisi kegiatan sehari-hari atau apapun yang diamati; dan bisa juga berupa (2) jurnal mengenai topik-topik spesifik.

Elemen penting lainnya dari blog adalah ruang komentar. Pembaca bisa berinteraksi langsung dengan cara berkomentar, bertanya dan sejenisnya di ruang komentar yang terdapat di bawah masing-masing posting.

Hal inilah yang membedakan blog dengan situs web biasa. Jika situs web biasa lebih merupakan “arsip”, maka blog lebih merupakan “percakapan”.

“Percakapan” di sini bukan sekadar berarti interaktivitas blogger dan pembaca blog (blog reader) di ruang komentar, tapi juga berarti saling keterkaitan dan pertautan pranala (link) — thanks to fitur yang memungkinkan dilakukannya track-back, ping, feed dan seterusnya.

Posting bisa berupa tulisan baru mengenai sebuah topik, bisa juga berupa tanggapan atau komentar terhadap posting blog lainnya, bisa berupa komentar pendek plus informasi quick-links yang dianggap penting, atau bahkan juga bisa berupa foto, audio atau video.

Sumber : tips ngeblog budi putra

0 komentar: